Sehat

Manfaat Menu 4 Sehat 5 Sempurna

Menu 4 sehat 5 sempurna sangat baik untuk tubuh kita, baik untuk orang dewasa apalagi untuk anak-anak. Standart menu untuk kelengkapan gizi setiap orang ini ditemukan oleh Prof. Poerwo Soedarmo pada tahun 1950-an. Sebagai bentuk peduli akan gizi masyarakat Indonesia yang pada waktu itu terbilang sangat kurang.

Dengan adanya standart makanan yang bergizi serta makin populernya semboyan 4 sehat 5 sempurna. Perbaikan gizi masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu semakin meningkat. Apa saja makanan-makanan yang termasuk dalam menu 4 sehat 5 sempurna ini?

Menu 4 sehat 5 sempurna merupakan menu makanan yang terdiri dari 4 makanan sehat dan 1 makanan/minuman pelengkap.

4 Makanan Sehat :

  • Makanan Pokok (Sehat)
  • Lauk Pauk (sehat)
  • Sayur-Sayuran (sehat)
  • Buah-Buahan (sehat)

1 Makanan / Minumaan Pelengkap

  • Susu (Sempurna)

Berikut makanan yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna :

Manfaat Menu 4 Sehat 5 Sempurna

1. Makanan Pokok

pic by kompas

Terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti beras, beras merah. Makanan ini merupakan makanan pokok di Indonesia, beras yang diolah menjadi nasi banyak mengandung karbohidrat yang sangat penting untuk tubuh sebagai penghasil energy.

Selain beras biasa, beras merah juga mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi untuk energy. Disamping itu beras merah mengandung anti oksidan vitamin B6, menjaga keseimbangan hormon serotonin dan memproduksi sel-sel.

2. Lauk Pauk

Lauk pauk terdiri dari makanan yang mengandung protein berfungsi membentuk system imun, menyeimbangkan kerja hormon. Beberapa makanan yang banyak protein seperti ikan banyak mengandung protein nabati. Salmon dan tuna mengandung omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Masih banyak makanan yang mengandung protein tinggi seperti ayam, telur, tahu, temped an lain-lain. Makanan ini bisa jadi alternatif agar tidak bosen hanya dengan menu itu-itu saja.

3. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran sesuai namanya, makanan berupa sayur sebagai menu sehat ketiga dari semboyan menu 4 sehat 5 sempurna. Sayuran banyak mengandung mineral dan serat, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung zat hijau daun. Beberapa sayuran hijau diantaranya : bayam, brokoli, kangkung, sawi.

Sayuran lain juga sangat bermanfaat bagi tubuh misalnya wortel yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu serat pada wortel bisa meningkatkan kandungan insulin dalam darah.

4. Buah-buahan

Makanan sehat ke empat yaitu buah-buahan. Buah banyak mengandung mineral dan serat serta vitamin C. Kulit buah seperti apel, kiwi dan jambu mengandung pigmen warna klorofil berfungsi sebagai antioksidan.

Banyak sekali buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk menambah nilai gizi pada makanan dan tubuh kita.

Makanan Pelengkap

5. Susu

Sebagai pelengkap dan yang menyempurnakan yaitu minuman susu yang banyak mengandung protein hewani. Sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan energi. Selain susu sapi yang kaya akan protein hewani ada juga susu kedelai yang kaya akan protein nabati.

Ada juga susu kambing yang mengandung 170 kalori, 10 gram lemak dan 27 mg kolesterol . Susu ini baik untuk penderita alergi.

Air Putih

Air putih juga sebagai pelengkap makanan yang harus dikonsumsi, karena air putih berfungsi sebagai pelarut senyawa lain di dalam tubuh, mengangkut zat makanan dari sel–sel ke jaringan serta menjaga kestabilan tubuh.

Itulah manfaat menu 4 sehat 5 sempurna bagi tubuh kita, dengan makan makanan yang bergizi lengkap maka kesehatan akan selalu terjaga. Tentunya diimbangi juga dengan olah raga yang cukup agar metabolisme tubuh lebih baik lagi.

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close