Gaya Hidup

Gaya Hidup Sehat Agar Umur Panjang

Gaya hidup sehat sangat baik bagi setiap orang yang ingin tetap bugar kesehariannya. Dalam beberapa penelitian pola hidup sehat keseharian bisa meningkatkan angka harapan hidup seseorang. Di Indonesia sendiri angka harapan hidup terus naik dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

Apa itu angka harapan hidup?

Angka harapan hidup merupakan data yang menggambarkan usia kematian pada suatu populasi. Berdasarkan data WHO angka harapan hidup Indonesia tahun 2016 rata-rata 69 tahun (71 tahun untuk wanita dan 67 tahun untuk pria). Tahun 2018 terjadi kenaikkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik RI meningkat menjadi 71,2 tahun, dengan 69,3 tahun untuk pria dan 73,19 tahun untuk wanita.

Meningkatnya angka harapan hidup bisa disebabkan masyarakat Indonesia sudah lebih mengerti dengan gaya hidup sehat . Masyarakat semakin aware dengan kesehatan mereka, menjaga pola makan dan juga meningkatkan porsi berolah raga. Sehingga kesehatan semakin terjaga dan aktivitas lebih terencana.

Apa itu gaya hidup sehat?

Merupakan pola hidup keseharian yang lebih memperhatikan dalam menjaga kesehatan dengan melakukan beberapa aktivitas seperti olahraga, mengatur pola makan, dan lain-lain. Dengan tujuan utama agar kesehatan terjaga dan dalam tanda kutip bisa memperpanjang umur.

Beberapa gaya hidup sehat berikut ini bisa menjadi pedoman bagi kita untuk terus meningkatkan dan menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit.

1. Diet sehat (Jaga Pola Makan)

Menjaga pola makan sangat penting untuk menjaga kesehatan, makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3 lebih sering dikonsumsi dibandingkan makanan yang tidak sehat seperti daging merah dan olahan, gula-manis minuman, lemak trans, dan natrium.

2. Tingkatkan aktivitas fisik yang sehat (Olahraga)

Usahakan setiap harinya minimal 30 menit melakukan aktivitas fisik mulai dari skala sedang sampai kuat.

3. Berat badan yang sehat

Selalu menjaga berat badan yang ideal dan sehat yang diukur dengan indeks massa tubuh normal (BMI), yaitu antara 18,5 dan 24,9. 

4. Tinggalkan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang tidak sehat, bisa berdampak bagi diri sendiri dan juga orang disekitarnya. Jadi hentikan merokok agar tubuh tetap sehat.

5. Jauhi Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol sama juga dengan rokok bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kecanduan minuman alkohol akan merusak tubuh dan juga pikiran serta aktivitas seseorang.

Apakah gaya hidup sehat berdampak pada Angka Harapan Hidup?

Melansir dari health.harvard.edu kebiasaan hidup sehat sangat berpengaruh terhadap angka harapan hidup. Menurut analisis, orang-orang yang menjalankan 5 pola hidup sehat diatas bisa menikmati kehidupan yang lebih lama dari pada yang tidak menjalankan. 14 tahun untuk wanita dan 12 tahun untuk pria (jika mereka memiliki kebiasaan ini pada usia 50). Sedangkan orang tidak memiliki kebiasaan hidup sehat jauh lebih mungkin meninggal sebelum waktunya karena kanker atau penyakit kardiovaskular.

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close